Buah Khas Kalimantan Tengah | Internet Science

Buah Khas Kalimantan Tengah

Kalimantan sebagai salah satu kawasan hutan tropis didunia, menjadikan kalimantan ditanami oleh banyak tumbuhan yang unik dan memiliki buah yang sangat enak. Berikut ini adalah beberapa buah khas Kalimantan yang bisa kamu dapatkan di Kalimantan tengah. Jika ingin mencicipinya cobalah datang disekitar akhir tahun karena buah di kalimantan hanya berbuah satu tahun sekali. Nah penasaran sama buah apa saja yang ada di Kalimantan tengah, simak saja langsung.

Kasturi

 Buah kasturi ini sebenarnya agak mirip dengan mangga, namun ukuran kasturi kecil hanya sebesar telapak tangan umur 3 tahun. Tapi walau kecil buah yang satu ini enaknya bukan main saya sanggup makan sampai 15 biji dalam satu kali duduk. Hanya saja karena ukurannya yang kecil bikin repot karena harus menggupas terlebih dahulu.
sangat enak dimakan

Kapul

Buah ini memiliki warna luar kecoklatan namun ketika dibuka isinya berwarna putih bening begitu digigit rasa manisnya pecah dimulut. Jika mengingat nikmatnya buah ini saya jadi tidak sabar menunggu musim buah.
nikmatnya buah khas kalimantan

Popok

Buah popok begitulah namanya dalam bahasa daerah saya, ini adalah buah yang tumbuh dari akar yang suka melilit pohon lain. Buah popok ada yang manis ada juga yang asam, kalau dapat yang asam aduh tidak tahan.
macam macam buah khas kalimantan

Pampaken

Buah ini hampir mirip dengan durian dari bentuknya namun dalam dan luarnya berwarna kuning cerah. Buah ini sangat lezat dan tekstur daging buahnya lembut berwarna kuning.

Salak Hutan

Kalau buah ini tidak tahunan dia berbuah, buah salak hutan biasanya memiliki kulit berwarna merah, bentuk lonjong keatas, dan manis ketika sudah matang. Di hutan belantara buah ini suka tumbuh dengan bentuk pohon seperti salak biasa.

Tanggaring

Buah tanggaring kuliatnya cukup keras untuk dibuka manual dengan tangan tapi didalamnya buahnya mirip dengan rambutan. Biasanya sih ditelan saja dengan bijinya kalau memakannya.

Tengkuhis

Tengkuhis adalah buah kelengkeng nya kalimantan, kuliat buahnya berwarna hijau/kuning kalau sudah matang. daging buah sedikit berair dan rasanya begitu manis. sehingga kalau kamu habis memakannya tangan kamu akan terasa lengket.

Nah itulah sebagian buah yang ada di tempat tinggal saya kalimantan tengah, saya akan membuat sambungan dari artikel ini lagi. ketika musim buah tiba agar saya dapat memberikan gambar yang baru.

0 Response to "Buah Khas Kalimantan Tengah"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan topik pembahasan, komentar yang tidak sesuai dengan topik tidak akan ditampilkan.