Cara Memelihara Anakan Tupai | Internet Science

Cara Memelihara Anakan Tupai

memelihara tupai
Tupai dikenal sebagai mahluk kecil dan menggemaskan, jumlah tupai dialam liar juga dapat dikategorikan masih aman malah jadi musuh para petani nih. Saya sebenarnya menyukai binatang ini dan saya pernah memelihara anakan nya namun saya gagal karena tidak tahu cara perawatan anak tupai sebenarnya cukup rumit. Nah agar kalian tidak bernasib sama dengan saya maka saya punya beberapa tips yang saya dapatkan dari teman komunitas tupai di kota saya. Berikut adalah tipsnya untuk memelihara anakan tupai.

Wadah yang hangat

Ini adalah yang paling penting menurut saya karena kebanyakan tupai kecil mati kedinginan karena tempat yang disediakan oleh majikannya tidak diberi penghangat. Usahakan menempatkan tupai dalam wadah yang cukup besar dan gunakan lampu pijar sebagai penghangat. Terlebih jika cuaca sedang hujan biasanya anakan tupai rawan mati.

Jauhkan hidungnya dari air

Kebanyakan para pemilik anakan tupai salah cara memberikan minum kepada binatang peliharaannya, karena tupai paling tidak bisa kalau hidungnya kemasukan air bisa bisa membuat napas si anakan tupai terdengar serak serak yg menyebabkan kematian jika terus dibiarkan. Pemberian air tidak perlu sebenarnya jika umur anakan itu telah dapat makan lebih baik berikan saja dia buah yang mengandung banyak air seperti semangka, pisang, melon, dan makanan berair lainnya.

Panaskan tupai

Meskipun tupai didalam kandangnya telah di hangatkan dengan lampu, namun perlu juga penjemuran badannya tupai dimatahari pagi agar anak tupai tersebut sehat dan mendapatkan kehangatan. Harap jangan lama lama menjemurnya paling lama 5 menitan lah.

 Jangan taruh makanan dalam kandangnya

Ini berguna agar si tupai tidak di datangin semut karena pernah ada kejadian tupai mati karena di gigit semut. Karena anak tupai kalau makan biasanya berantakan mulut dan bulunya terkena air buah yang manis membuat semut mengigitnya.

Taruh ranting kayu dalam kandangnya

 Tupai di alam bebas suka mengigit kayu kayuan yang berguna agar gigi mereka terasah dengan baik. Maka oleh sebab itu sangat disarankan anak tupai diberikan kayu untuk dia bermain dan belajar mengasah kemampuan dasarnya.

Nah setidaknya begitulah gambaran cara memelihara anakan tupai, jika kamu belum mempunyai anakan tupai biasanya kamu bisa menemukannya di perkebunan masyarakat atau bisa juga di beli pada pet shop.

0 Response to "Cara Memelihara Anakan Tupai"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan topik pembahasan, komentar yang tidak sesuai dengan topik tidak akan ditampilkan.