Cara Mengatasi Mesin Motor Macet di Jalan | Internet Science

Cara Mengatasi Mesin Motor Macet di Jalan

Dalam berkenderaan bermotor kita tidak tahu akan apa yang akan kita alami dijalan, begitu pulalah dengan motor mogok/macet sering membuat kita panik pastinya apa lagi jika keadaan nya kita dalam perjalanan yang jauh dan macet ditempat yang tidak kita ketahui pastinya menakutkan.

Oleh sebab itu setiap Anda mengambil perjalanan yang jauh saya sarankan untuk membawa beberapa kunci yang sering digunakan dalam keadaan darurat seperti obeng bintang dan minus, kunci busi, dan tang jepit. Karena itu adalah alat sederhana yang dapat menyelamatkan mu. Berikut saya akan uraikan bagaimana seharusnya Anda menangani motor Anda ketika mengalami mogok, tips ini untuk sepeda motor yang masih menggunakan karburator ya.

Cek Busi
Setiap orang jika macet akan melihat busi terlebih dahulu karena kebanyakan mogok adalah karena busi kotor sehingga tidak dapat memercikkan api di dalam ruang bakar piston. Caranya mudah kamu buka businya jangan lepaskan kabel dari koil ya dan tempelkan ujung busi ke besi body mesin dan coba starter jika api terlihat berarti masih baik jika api tidak terlalu jelas dan berwarna kemerahan maka bisa kotor atau sudah minta ganti. Cara membersihkan busi cukup kamu buang kerak yang menempel pada kepala busi dan celup ke dalam tangki bensin mu agar busi terlihat bersih.
Ilustrasi mengecek api busi
 Cek aliran bensin dari tangki
Jika api dari busi ada maka kita coba dulu lihat bensin dari dalam tangki mengalir keluar atau tidak, karena saya sering juga mengalami selang bensin dari tangki mengarah ke karburator itu tersumbat oleh kotoran. Penyebab saya sering beli bensin eceran diwarung warung. Cabut selang bensin dari arah tangki ke karburator jika ada bensin keluar maka bisa dipastikan baik baik saja namun jika tidak ada bensin yang keluar dari tangki maka bisa bisa ada yang menyumbat. Saran untuk mengatasinya yaitu dengan meniup tangki bensin sekuat tenaga kamu sampai ada bensin yang mengalir.
Cek Karburator
Masalah pada karburator umumnya adalah banjir yang mengakibatkan motor mogok karena campuran oksigen dan bensin yang tidak seimbang membuat tidak ada terjadinya pembakaran diruang piston. Tips membersihkan karburator ala saya sih sering dengan membuka baut pembuangan dari karburator pada bagian paling bawah.

Nah begitulah sedikit banyak tips dari saya, jika mau menambahkan silahkan lewat komentar namun yang saya bagikan adalah cara mengatasi motor mogok kebanyakan. Namun diluar sana ada juga yang mogok karena coilnya mati, CDI nya mati, dan lain sebagainya.

0 Response to "Cara Mengatasi Mesin Motor Macet di Jalan"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan topik pembahasan, komentar yang tidak sesuai dengan topik tidak akan ditampilkan.