Waspada Banyak Situs Berita Palsu Alias Hoax Semata | Internet Science

Waspada Banyak Situs Berita Palsu Alias Hoax Semata

Hati Hati Dalam Memilih Berita Di Internet

Jaman sekarang dunia internet semakin kesini semakin menggila karena seperti di ketahui jaman sekarang rata rata internet itu mudah dan bebas di askes melalui perangkat smartphone. Dengan adanya hal itu ada beberapa orang yang seperti memanen sesuatu dari hal tersebut, kalau seperti mereka yang menyediakan tempat jual beli dan tempat belanja online hal tersebut bisa dikatakan lumrah, namun sekarang ada yang sering saya lihat di internet yaitu situs situs yang mengaku sebagai situs berita namun isi dari berita nya tidak berdasarkan fakta dan lebih parah berita yang di buat buat tersebut kadang memojokkan suatu tokoh, ras, agama dan lainnya.

Saya sering membuka social media facebook disana lah mereka menebarkan berita palsu mereka, bagi pihak pihak yang tidak paham dan tidak mengerti bahwa berita itu adalah palsu maka biasanya mereka akan mensharenya dan tentu saja hal itu menjadi heboh dan menarik ribuan trafik ke dalam situsnya tujuan nya adalah untuk meningkatkan nilai klik iklannya atau dia sengaja membuat situs berita palsu untuk memojokkan seseorang biasanya dalam beritanya yang palsu ada tokoh atau kaum tertentu yang akan di pojokkan mati matian sehingga masyarakat awam akan berpikir dan mempercayai berita tersebut.

waspada berita palsu gencar di internet

Ciri ciri situs berita palsu

Kalau memasuki halamannya mungkin tidak akan curiga karena situs berita palsu tidak main main dalam membuat situs mereka berani membeli sebuah domain TLD hanya untuk mendapatkan kepercayaan pengunjungnya. Namun yang namanya palsu tentu akan kita ketahui juga akhirnya dari keburukan situs palsu tersebut, misalkan saja ;
Beritanya tentang tokoh / kaum itu itu saja
Paling enak menurut saya adalah dengan melihat berita yang lainnya dari situs palsu tersebut, misalkan saja yang lagi rame mengenai si tokoh A**k yang ikut pemilihan gubernur, saya mencurigai ada sebuah situs berita yang isinya menjelek jelekkan si A**k ini, bilang dia ini lah dan itu lah. Namun coba saja kamu lihat berita di Televisi apakah ada berita si A**k bilang ini dan bilang itu, jika tidak ada maka sangat mudah untuk memberikan Label situs berita hoax.
 Coba search disitus berita resmi
Bukannya promosi atau apa situs berita seperti Tempo, Okezone, Liputan6, BBC dan situs berita terkenal lainnya bisa menjadi patokan anda. Misalkan ada berita si A bikin masalah ini dan itu, coba kamu search di situs berita terpercaya di atas bila beritanya ada yang sama maka dipastikan situs tersebut benar namun kadang saya tidak menemukan informasi yang sesuai dengan situs berita hoax.

Maka dengan cara yang sederhana saya sering mencari tahu bahwa sebuah situs berita hoax apa fakta, maka cerdas lah menjadi pembaca karena kita bisa saja menjadi musuh antar sesama hanya karena isi berita hoax.

0 Response to "Waspada Banyak Situs Berita Palsu Alias Hoax Semata"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan topik pembahasan, komentar yang tidak sesuai dengan topik tidak akan ditampilkan.